pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part3

pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part3

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu artikel pada part2. dalam part3 ini akan dibahas bagaimana penggunaan keyboard dalam aplikasi microsoft excel.


Gambar keybord

aplikasi excel merupakan aplikasi yang tampilan worksheet atau kertas kerjanya terdiri dari kolom dan baris atau pertemuan kolom dan barisnya disebut dengan Cell. untuk pengetikan karakter atau angka dalam aplikasi excel, cukup dengan pilih atau tentukan dulu cell nya, kemudian tekan tombol dikeyboard maka akan tampil di cell tersebut. lihat gambar dibawah ini :
gambar contoh pengetikan karakter di ms excel
lihat posisi cell B2 maka pengetikan karakternya ada pada cell tersebut walaupun pengetikan nya melampaui kolom lain akan tetapi pada dasarnya tulisan karakter tersebut ada pada cell B2.

untuk memindahkan, memilih cell atau range menggunakan keyboard cukup dengan menekan tombol Arrow pada keyboard. berikut tabel yang menjelaskan penggunaan fungsi keyboard dalam aplikasi microsoft excel.

Tombol 1
Tombol 2
FUNGSI

Ctrl

F4

Menutup Workbook

Alt

F4

Menutup Excel

Ctrl

`

Melebarkan Jumlah Kolom

Ctrl

1

Memunculkan Format Cell

Ctrl

!

Mengubah Format sel Aktif Menjadi Accounting

Ctrl

2 / B

Membuat Tulisan Cetak Tebal

Ctrl

@

Mengubah Format Sel Aktif Menjadi Custom

Ctrl

3 / I

Membuat Tulisan Cetak Miring

Ctrl

4 / U

Membuat Tulisan Cetak Garis Bawah

Ctrl

$

Mengubah Format Sel Aktif Menjadi Currency

Ctrl

6

Memunculkan / Menghilangkan Simbol Shapes

Ctrl

^

Mengubah Format Sel Menjadi Scientific

Ctrl

&

Membuat Garis Outline

Ctrl

*

Memilih Array Yang Aktif

Ctrl

9

Menyembunyikan Baris

Ctrl

(

Mengembalikan Baris Tersembunyi

Ctrl

0

Menyembunyikan Kolom

Ctrl

F1

Menyembunyikan Toolbar Menu

Ctrl

F2

Print Preview

Ctrl

F3

Memunculkan Name Manager

Ctrl

F4

Menutup Worksheet

Ctrl

F12

Memunculkan Menu Open File

Ctrl

Panah Atas

Memilih Sel Yang Digunakan Paling Atas

Ctrl

Panah Kanan

Memilih Sel Yang Digunakan Paling Kanan

Ctrl

Panah Bawah

Memilih Sel Yang Digunakan Paling Bawah

Ctrl

Panah Kiri

Memilih Sel Yang Digunakan Paling Kiri

Ctrl

A

Memilih Sel Yang Digunakan

Ctrl

C

Menyalin Isi Sel

Ctrl

D

Menyalin Isi Sel Yang Berada Diatasnya

Ctrl

F

Menemukan / Find

Ctrl

H

Menemukan Dan Mengganti / Find Replace

Ctrl

N

Membuka Workbook Baru

Ctrl

P

Print

Ctrl

R

Menyalin Sel Di Sebelah Kiri

Ctrl

S

Menyimpan

Ctrl

V

Menempatkan / Paste

Ctrl

X

Memotong / Cut

Ctrl

Z

Membatalkan Kembali / Undo

Ctrl

END

Memilih Sel Terakhir Yang Digunakan

Ctrl

HOME

Memilih Sel A1

Ctrl

PgDn

Pindah Ke Worksheet Sebelah Kanan

Ctrl

PgUp

Pindah Ke Worksheet Sebelah Kiri

Alt

TAB

Pindah Workbook

Ctrl

Space

Memilih Kolom

Shift

Space

Memilih Baris

Shift

F10

Klik Kanan Pada Mouse


sebenarnya masih banyak lagi penggunaan keyboard untuk aplikasi excel. tabel diatas hanya sebagian dari penggunaan shortcut keyboard. untuk lebih banyak lagi mengetahui shortcut keyboard penggunaan aplikasi excel, pengunjung bisa klik link ini dari situs office nya itu sendiri SHORTCUT KEYBOARD EXCEL

jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.


Share this article please, on :
Share on fb Tweet Share on G+

0 Response to "pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part3"

Posting Komentar