Cara Menghitung Persentase Modal dan Keuntungan Usaha di Microsoft Excel


Ketika anda mengelola sebuah usaha, laporan keuangan menjadi dokumen yang sangat penting untuk diolah dan diarsipkan. Dan bagi anda yang masih merasa bingung, anda dapat memulai untuk melakukan perhitungan keuangan di Ms Excel dengan rumus yang sangat mudah dan sederhana.
Contoh kasus :

Usaha yang anda kelola memiliki omset Rp 63 juta. Dari jumlah tersebut 63% termasuk modal dan 37% termasuk keuntungan. Lantas, berapakah nominal jumlah modal dan untung ?

Untuk menghitung angka tersebut anda hanya perlu untuk membuat lembar kerja yang sangat sederhana di Ms Excel, seperti gambar berikut ini :



Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghitung persentase, namun untuk data seperti ini, maka kami merangkaum cara yang paling mudah yaitu :


Menghitung persentase modal


Hasil dari persentase modal akan ditampilkan pada kolom B2, maka rumus ditulis pada kolom B2 yaitu “=A2*B3” dan tekan enter untuk mengetahui hasilya.


Menghitung persentase untung


Dalam menghitung persentase untung pun tentu dilakukan dengan cara yang sama. Hasil dari perhitungan tersebut akan dimunculkan pada kolom C2, maka rumus yang ditulis pada kolom C2 adalah “=A2*C3”, jangan lupa tekan enter untuk menampilkan hasilnya.
Berikut ini hasil dari perhitungan prosentase dengan menggunakan rumus diatas :


menghitung persentase modal dan keuntungan di microsoft excel

Namun jika anda ragu dengan hasil tersebut, antara kesesuaian jumlah modal dan untung, maka cara mengujinya sangatlah gampang, yaitu cukup hanya menambahkan jumah modal dan juga untung. Misalkan, hasil tersebut akan ditampilkan di kolom D2, maka rumus yang ditulis adalah “=B2+C2”. Hasilnya adalah sebagai berikut :


menghitung persentase modal dan keuntungan di microsoft excel

Share this article please, on :
Share on fb Tweet Share on G+

1 Response to "Cara Menghitung Persentase Modal dan Keuntungan Usaha di Microsoft Excel"

  1. Apakah Anda sedang mengalami kesulitan keuangan? Maka artikel ini cocok untuk Anda. Pinjaman saya disetujui oleh Bapak Pedro, yang merupakan tawaran pinjaman dari perusahaan pinjamannya ketika bank menolak pengajuan pinjaman saya karena kredit saya buruk, tetapi Pedro dan perusahaan pinjamannya memberi saya pinjaman sebesar 7 juta DOLAR AS dengan suku bunga 3%. Saya sangat berterima kasih dan ingin berbagi semua ini dengan Anda yang sedang mencari jenis pinjaman apa pun. Hubungi kantor pinjaman Pedro langsung melalui alamat email: pedroloanss@gmail.com atau whatsapp dia di: +393510140339.

    BalasHapus